Monday, January 24, 2005

Sekedar Cerita Si Turis Bencana...

Kita berenam tiba di Aceh Senin malam tanggal 10 Januari 2005 langsung menuju posko Sahabat NAD yang bertempat di kantor LSM Pase yang bergerak di bidang konservasi dan juga berpengalaman mendampingi pengungsi daerah konflik Aceh. Di sana kita dalam koordinasi LSM Pase. Kegiatan sehari-hari adalah assessment/mengumpulkan data pengungsi, dropping bantuan dsb., termasuk evakuasi walau saat di sana kita ga pernah di ajak L, mungkin karena kondisinya dah lebih tidak memungkinkan lagi. Kita yang perempuan biasanya ke dapur bantuin masak kalau sedang tidak ada acara keluar.

Tujuan pendistribusi bantuan ada beberapa macam, yaitu untuk pengungsi yang berada di posko-posko atau camp-camp (koloni besar, bisa sampai 600 orang) dan pengungsi yang menumpang di rumah kerabat atau rumah penduduk lain yang selamat. Dua jenis ini sebelum dropping bantuan, posko Sahabat NAD sebelumnya telah mendata assessment hingga didapat informasi jenis dan kuantitas bantuan apa yang diperlukan di lokasi tersebut. Berikutnya ada juga pemberian bantuan untuk pengungsi yang datang ke posko Sahabat NAD yang biasanya akan diberi bantuan dalam bentuk paket sembako dan juga sandang (pakaian dalam, mukena, dsb.) serta barang lain yang dibutuhkan. Lalu untuk pengungsi, warga setempat yang membutuhkan, serta relawan yang ditemui dijalan yang membutuhkan; biasanya sore hari kita keliling-keliling membawa air mineral dan biskuit untuk siapa yang kita rasa membutuhkan yang kita temui di jalan.

Kesulitan yang dihadapi adalah masih terbatasnya sarana transportasi, pengungsi yang berpindah-pindah tempat, kurangnya koordinasi, bertumpuknya barang, hingga kondisi keamanan di Aceh itu sendiri (ada semacam jam malam utk antisipasi serangan GAM) sehingga waktu gerak kita terbatas.

Posko Sahabat NAD berencana akan tetap disana hingga tahap rehabilitasi (+/- 3 bulan kedepan), posko-posko lain juga ada yang malah akan berprogram disana untuk beberapa tahun ke depan. Yang paling diharapkan pengungsi saat ini adalah relokasi karena camp pengungsi bukan tempat yang layak untuk hidup, setelah itu mereka juga berharap dapat segera mencari nafkah lagi serta menyekolahkan anak-anak mereka…

Segitu dulu, makasih dah ngasih kita kesempatan buat jadi relawan… Masih mau deh ke Aceh ;)

Best wishes,

No comments: